Edy Samsul

Saya adalah salah seorang staf pengajar di SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Selain mengajar, saya menyibukkan diri dalam kegiatan t...

Selengkapnya
Tidak Mudah Memotivasi Siswa Menulis

Tidak Mudah Memotivasi Siswa Menulis

Memotivasi seseorang untuk menulis sehingga menghasilkan sebuah tulisan memang bukanlah pekerjaan mudah untuk dilakukan. Termasuk memotivasi murid yang hampir saban hari bergaul dengan guru di sekoalh. Namun demikian usaha tersebut perlu dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia melainkan semua guru di sekolah.

Kenapa sulit membangkitkan motivasi siswa untuk menulis?

Salah satu penyebabnya menurut pengamatan saya adalah kurangnya kesempatan untuk menerapkan teori menulis oleh siswa. Siswa lebih banyak berada di sekolah untuk belajar intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kalau pun dibentuk kelompok Ilmiah Remaja, boleh dikatakan masih kurang peminatnya.

Selain itu yang tak kalah penting disebabkan oleh interaksi siswa dengan gadget dalam media sosial. Keletihan belajar di sekolah maupun di rumah diiisi dengan selingan berkomunikasi dengan teman melalui media sosial yang ada. Dan masih banyak faktor penyebab lainnya.

Upaya yang perlu dilakukan

Berkaitan dengan kedua faktor penyebab di atas, guru perlu meningkatkan kualitas motivasi menulis di kalangan siswa. Hal ini perlu dilakukan secara berangsur-angsur dan berkelanjutan. Misalnya pemberian tugas membuat artikel atau karya ilmiah.

Siswa yang berhasil menbuat tulisan ilmiah atau artikel diberi penghargaan berupa hadiah. Atau boleh juga dimuat di blog guru yang kebetulan memiliki blog.

Saya selaku blogger sering mempublikasikan karya-karya siswa di blog matrapendidikan.com. Karya tulis siswa di sekolah yang diterbitkan diberi tanda mata atau sekadar pengganti beli paket data.

Dengan cara kecil ini ternyata beberapa siswa memanfaatkan gadgetnya untuk berlatih menulis tanpa mengurangi hobi mereka untuk bermedia sosial.

Kita semua mengetahui bahwa menulis itu sebuah pekerjaan yang memerlukan keterampilan. Sebagai sebuah keterampilan maka menulis memerlukan latihan dan pembiasaan.

Boleh jadi pertimbangan demikian menjadi tolok ukur dalam membangkitkan motivasi siswa untuk menulis. Sebab disadari bahwa memotivasi siswa menulis bukanlah pekerjaan yang ringan.

Strategi apa pun dilakukan guru sudah pasti mengarah pada upaya membangkitkan motivasi siswa untuk mengasilkan tulisan atau karya tulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah ini tulisan yang begitu saya nanti-nanti. Informatif dan bermanfaat. Matur nuwun

11 Jan
Balas

terima kasih supportnya, mas Eko...

12 Jan

terima kasih supportnya, mas Eko...

12 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali